Friday, September 16, 2016

[MV Theory] BTS Wings #3 STIGMA

Hello, I'm back!

For you who didn't understand Indonesian, you can google translate it. It works quite well.



Pertama pengen curcol sebentar. Aku sempat shock setelah menonton short film yang terakhir keluar, yang sebenarnya nggak shock banget sih seharusnya karena aku sudah tahu ending Demian seperti apa dan bagaimana maksud cerita Demian. Rasanya seperti "Anjir bener Bighit, ribut yuk di depan". But well, kita akan lanjutkan teori yang telah kubuat saja. Nanti pada bagian Jin aku baru akan menjelaskan semuanya.  

So, let's get start.


Film pendek ini dibuka dengan sebuah narasi dari Rapmon:
"It was the first fissure in the column that had upheld my childhood. Which every individual must destroy before he can became himself. Such fissure and rents grow together again. Heal and are forgotten. But in the most secret recesses, they continue to live and bleed."

Ini adalah sebuah narasi dari chapter satu novel Demian, di mana saat itu Sinclair yang baru saja terjebak dalam dosa (berbohong mengenai pencurian dan bersumpah palsu) berhadapan dengan ayahnya yang menegur karena masuk dengan sepatuh basah padahal dia baru saja melakukan sebuah "kejahatan" yang lebih besar.

Kalimat di atas sudah pernah kuterjemahkan dalam novel Demian di link atas, bisa dicek sendiri. Tapi kalau belum sempat baca. Kurang lebih kalimatnya berarti seperti ini:

Itu adalah retakan pertama pada pilar yang menjadi sandaran masa kanak-kanakku. Bahwa setiap individual harus dihancurkan terlebih dahulu sebelum dia dapat menjadi dirinya sendiri. Retakan dan celah semacam itu akan kembali seperti semula. Disembuhkan dan dilupakan. Tapi jauh di dalam relung terdalam, mereka terus hidup dan mengeluarkan darah. 

Kurasa adegan dalam Demian inilah yang perlu kita pahami untuk dapat memahami #3 Stigma karena meskipun sekilas #3 Stigma terlihat seperti hal yang familiar oleh kita, film ini juga memiliki simbolisasi-simbolisasi tersembunyi.

Pertama, kita bisa melihat pada pembukaan film, V muncul di tengah dengan simbolisasi khasnya, grafiti. Pada MV Run kita tentu masih ingat bahwa hal yang sering V lakukan di sana adalah melakukan perusakan dinding jalanan dengan grafiti yang mengakibatkan dia ditahan oleh polisi. Nah, dalam teoriku untuk STIGMA, kita bisa melihat hal yang sebaliknya terjadi. Di sini V bukan sedang mencoret dinding, melainkan ingin menghapus gambar yang telah dibuat. Ini bisa berarti bahwa V ingin memperbaiki kesalahan-kesalahan yang telah dia buat.

Pada gambar grafiti, kita dapat melihat ada sebuah gambar Abraxas (dewa dari kebaikan dan keburukan), tulisan I dan W. Kurasa ini memiliki simbolisasi, tapi itu akan kubahas nanti di bawah.

Kita lihat pada shot selanjutnya ketika polisi menyoroti V dengan lampu dan menangkapnya. Kita bisa melihat sorot mata V yang terlihat percaya diri dan seakan tahu apa yang dia lakukan. Melihat sorot mata ini membuat aku teringat pada satu bagian pada chapter dua Demian, yakni kisah Kain dan Habel yang diceritakan oleh Demian.

(Untuk yang belum membacanya) Kurang lebih cerita bagian itu adalah seperti ini:

Demian menceritakan ulang bahwa kisah Kain dan Habel dapat dipahami dengan sudut pandang lain. Menurutnya sangat tidak masuk akal jika ketika seseorang sudah melakukan kesalahan, kemudian Tuhan malah memberi tanda padanya yang membuat semua orang takut padanya sehingga dia terlindungi. Menurut Demian, Kain mungkin saja memang bersalah, dia memang melakukan pembunuhan, namun ada sesuatu yang berbeda dari kisah yang diucapkan. Itu bisa jadi hanya benar hingga titik Kain melakukan pembunuhan terhadap Habel dan dia memiliki tanda. Namun tidak diceritakan dengan sebagaimana mestinya. Semacam rumor yang dibuat oleh orang-orang yang takut padanya. Tanda yang dia miliki itu semacam keistimewaan. Kain adalah sosok yang pemberani. (selanjutnya bisa dibaca di sini)

Nah pada bagian lain pula, adegan V yang menusuk ayahnya dalam MV I Need You ini pula membuatku teringat pada perkataan Demian.

Aku hanya ingin mengatakan satu hal lagi padamu karena kita sudah sejauh ini –kau harus menyingkirkan anak itu! Jika itu tidak bisa dilakukan dengan cara apa pun, bunuh saja!

Nah kurasa inilah yang membuat kenapa judul film pendek V adalah STIGMA. V diibaratkan sebagai keturunan Kain, yang di sini juga diibaratkan sebagai Sinclair. Dalam cerita Demian, Sinclair menyadari kesamaan dirinya dengan Kain, meskipun dia tidak melakukan pembunuhan yang dianjurkan oleh Demian, tidak mungkin. Stigma di sini berarti sebuah 'tanda'. V memiliki tanda dan seperti penjelasan Demian, bahwa bisa jadi kisah itu hanyalah sebuah rumor seperti yang orang-orang sering buat. Hanya benar sampai suatu titik, namun itu menjadi sebuah aib untuk si tokoh yang digosipkan. Membuat rasa bersalah yang besar.

Nah, pada shot selanjutnya. Kita bisa melihat Taehyung dibawa ke dalam sebuah situasi yang menginterogasinya.

Sebelumnya aku ingin perjelas sesuatu.

Dalam film pendek ini, kita bisa melihat bahwa adegan di sini seakan-akan sebuah panggung teater. Karena adegan bergerak dari scene satu ke scene lainnya tanpa benar-benar berpindah lokasi. Seperti pada adegan mobil polisi bergerak menuju ruang interograsi. Ruang interograsi yang awalnya terang kemudian menggelap dan adegan di tempat tersebut dimulai. Ini merupakan khas dari panggung teater.

Menurut teoriku, ini menunjukkan seakan-akan V sedang mengadegankan hal-hal yang seharusnya terjadi dalam benaknya. Itu yang seharusnya terjadi setelah apa yang dia lakukan di Run. Sementara adegan dengan dia mengenakan baju putih adalah apa yang dia rasakan. Pertama kita bedah dulu apa yang dia pikirkan.

Tadi di awal aku sempat sebutkan mengenai Sinclair yang merasa kesal ayahnya mempermasalahkan sepatu padahal dia bisa saja menanyakan hal yang lebih besar. Nah dalam STIGMA, V ditangkap karena melakukan vandal, padahal dia bisa saja diperiksa untuk kejahatan yang lebih besar. Itu membuat V terlihat sedikit kesal, namun di saat yang bersamaan dia merasa cemas dan kehilangan arah, seperti yang terlihat dengan shot tangan V yang bergerak gugup di bawah meja dan shot V yang berlari tanpa arah yang pasti dan dia menangis.


Pada kolase berikutnya, kita masih bisa melihat V yang kebingungan dan ketika penginterogasi menanyakan mengenai orang tua pada V, ada perubahan di wajahnya. Semacam ada rasa sakit dan rasa tidak nyaman di sana (OOT : akting V itu bagus banget, feelnya terekspresi dengan baik banget beda sama Jungkook dan Jimin di film sebelumnya). Nah di sini kita bisa melihat V yang memikirkan adegan di mana dia babak belur dihajar oleh sosok yang tidak terlihat.

Ada sebuah bagian dari Demian yang mengingatkanku pada adegan ini. Itu adalah adegan di mana Sinclair menceritakan bahwa dia sering kali memimpikan Kromer. Dan di dalam mimpinya, hal-hal yang tidak dilakukan Kromer di dunia nyata terjadi di dalam dunia mimpinya. Teoriku adalah adegan V itu adalah ingatan dia akan mimpinya. Sepanjang MV HYYH kita bisa melihat bahwa V tidak pernah disentuh oleh ayahnya, ayahnya hanya memukul ibu/kakak perempuan V (peran perempuan itu belum terdefinisi dengan jelas tapi aku akan coba jelaskan).

Pada shot terakhir dari kolase ini adalah close up dari mata V yang di dalamnya terdapat sebuah gambar ibu memeluk anak (yang kita tahu di part MAMA itu ditulis sebagai Eva-Ibu Demian) Di sini teoriku adalah itu merupakan sebuah keinginan V untuk kembali ke dalam dunia terangnya, kembali ke dalam pelukan ibunya. 


Di dalam kolase ini kita bisa melihat V yang menyangkal keberadaan orang tuanya, itu menunjukkan bahwa V menjauhkan diri dari keluarganya. Dan pada shot selanjutnya di dalam benaknya masih terlihat V yang dipukul hingga babak belur hingga ada shot booth telepon yang terikat di sana dan V yang tergeletak tak berdaya. Di Run, pernah ada V yang menelepon Rapmon dan mengatakan bahwa dia ingin pulang ke rumah. Tapi dalam short film ini, booth tersebut terkunci. Ini menyimbolkan dua hal:

  1. Ketidakmampuan V untuk menginginkan pulang ke rumah karena dia telah sangat berdosa. Dia tidak bisa mengatakan hal itu maupun menghubungi siapa pun.  
  2. Dia tidak dapat lagi menghubungi temannya (Rapmon), hingga akhirnya dia menjadi sendiri. Pada Demian, pada bab 3-4, Sinclair sempat kehilangan kontak dengan Demian hingga dia merasakan kehilangan arah dan merasa sendiri. Sinclair menghancurkan dirinya. 

Pada shot selanjutnya terlihat sebuah adegan di sebuah ruang (yang kuperkirakan itu adalah rumahnya), ada seorang perempuan yang berbaring di sana, ayahnya, dan V. Adegan di sini juga bisa kita lihat seperti sebuah pengadeganan di teater.

Kita bisa melihat di sini, pertama kali ayah V tidak bergerak sedikit pun, hanya ketika V berhenti bergerak, ayahnya bergerak untuk mengambil birnya. Asumsiku mengenai adegan ini adalah ini merupakan keinginan V bahwa dia ingin kembali pada ibunya, memeluk dan membuatnya merasa lebih baik.

Ketika adegan ini diperlihatkan selanjutnya kita bisa mendengar di background ada suara V yang menyanyikan:

I'm sorry I'm sorry my sister. 
(maaf. maafkan aku, kakakku)
Even if I hide it, even if I disguised it, it isn't erased. 
(meskipun aku mencoba menyembunyikan itu, meskipun aku menyamarkannya, itu tidak terhapus)
So cry, please dry my eyes.
(jadi menangislah, tolong keringkan mataku)
The light, please illuminate my crimes
(Terang, tolong terangi kejahatanku)
Deeper. Darkly. I feel like I'm dying.
(Lebih dalam. Dengan gelap. Aku merasa aku perlahan mati.)
Please punish me
(Hukumlah aku)
Please forgive my crime. Please
(Maafkan kejahatanku. Kumohon)

Ketika mendengar nyanyian ini, aku merasa kebingungan. Jadi siapa perempuan itu? Pada zaman Run, kupikir itu adalah ibunya, tapi kenapa di sini disebut My Sister. Penemuan ini sempat membuatku terpikir pada sebuah adegan di mana Sinclair menarasikan mengenai perasaan bersalahnya yang mendalam setiap kali melukai saudari-saudarinya yang merupakan bagian dari terang. Tapi pada bagian lirik selanjutnya, barulah aku menemukan hal lain. Aku merasa bahwa itu adalah Beatrice/Eva.

Dalam Demian chapter 4, ada sebuah adegan di mana Sinclair jatuh hati pada sesosok perempuan yang tidak dia ketahui namanya. Dia menyebutnya Beatrice. Setelah menyukai Beatrice, Sinclair berusaha membersihkan dirinya dari dosa. Dia melakukan pemujaan pada sosok Beatrice yang telah menariknya keluar dari dunia kegelapan.

Nah mengenai Eva, sosok ini memiliki beberapa peran dalam kehidupan Sinclair. Sekilas dia mirip Beatrice juga Demian. Dia merupakan sosok perempuan yang dikagumi Sinclair, dia juga merupakan guru, dan 'rumah'.

Kurasa seperti itulah peran perempuan di dalam video ini terhadap V. 

Pada shot sebelum musik dimulai ketika fade out kita bisa mendengar V bertanya: "Mengapa waktu itu kau bersikap seperti itu padaku?" 

Menurutku ini adalah pertanyaan yang ditujukan kepada 'Kromer'nya yang kurasa di sini adalah ayahnya juga kepada teman-temannya yang meninggalkannya.

Bisa kita lihat di shot selanjutnya ada seekor anak anjing berbulu putih yang masuk. Anjing putih ini merupakan simbolisasi dari teman, masa kanak-kanak, dan innocence




Pada kolase selanjutnya kita bisa melihat bahwa ada kurungan yang perlahan turun dan V yang memeluk erat anak anjing itu seakan tidak ingin melepaskannya. Kemudian disambung dengan adegan ayahnya yang memukul perempuan itu dan V yang terlihat marah. Dan ada sebuah adegan dari Danger yang merupakan simbolisasi dari sebuah pemberontakan. 


Pada shot selanjutnya kita bisa melihat bahwa V terkurung. Dia terasing dari dunia dan kemudian disambung dengan sebuah adegan dia berada di dalam penjara memegang sebuah botol yang akhirnya dia jatuhkan. Ini merupakan simbolisasi benturan dua dunia (teori #1 Begin). Selanjutnya kita bisa melihat anak anjing itu keluar dan V terkurung di dalam. Ini merupakan simbolisasi dari hal-hal yang disimbolkan oleh anak anjing itu telah meninggalkannya. V terkurung dalam dunianya. 

Dan pada shot selanjutnya kita bisa melihat lirik Whalien 52. 

"Di sini ada paus yang berbeda dari lainnya, berbicara dengan bahasa yang benar-benar berbeda"

Ini menurutku adalah sebuah intepretasi dari masa puberitas. Ketika kita memasuki dunia remaja, sering kali kita merasakan bahwa dunia berbicara dengan bahasa yang berbeda dari kita. Tidak ada yang memahami kita. Itu membuat kita ingin memberontak. 

Pada adegan terakhir, kita bisa melihat usaha V untuk kembali ke dunia terang dengan mengatakan "biarkan aku melakukan sebuah panggilan (kepada Rapmon)"




Dan pada simbol V kita bisa melihat sebuah lingkaran yang terbelah dunia. Ini merupakan simbolisasi bahwa dunia kanak-kanak V telah sepenuhnya terpisah darinya. 

Nah, sebelum kita akhiri teori ini, aku mau menambahkan mengenai grafiti Abraxas dan tulisan I dan W dan V yang mencoba menghapusnya. Analogiku adalah ini: 
Abraxas adalah dewa yang merepresentasikan kebaikan dan kejahatan. Tulisan I adalah aku atau V. Dan W adalah dunia (world), ini terlihat seperti itu karena tulisan W itu dibuat di atas bola dunia. 
Nah, intepretasi dari ketiga hal di atas adalah V tahu bahwa dia harus memeluk dunia terang dan gelapnya. Dia dan orang-orang di dunia seharusnya menerima dua bagian dari dunia. Tapi, V tidak ingin melakukannya. Dia ingin kabur darinya. Tapi pada akhirnya, V menerima bahwa dia tidak dapat kembali ke dunia sebelumnya. Dia telah terpisah darinya. 

Sekian teori BTS Wings dariku. Semoga tidak membuat kalian semakin bingung. Yang ingin membaca teori-teori lainnya bisa dicek di postingan blog ini ya. Sudah ada teori #1 Begin & #2 Lie. 
Yang ingin membaca Demian dalam Bahasa Indonesia bisa cek blogku yang satu lagi. Yang ini. 
Yang ingin ngobrol dengan aku bisa mention saja di twitter @decdaisy.

9 comments:

  1. Wah makasih banget nih ... aku baca teorymu masuk akal dan aku jadi ga pusing2 nyambung2in tiap adegan di tiap mv ... wah daebak lah ... hebat bisa tau sampe segitunya ... ditunggu loh yang #4 #5 #6 #7

    ReplyDelete
  2. wah salut sama kakak punya pemikiran sejauh itu ditunggu ya kak kelanjutannya... fighting!

    ReplyDelete
  3. Ka,kok theory yg #4 keluarnya lama banget sih

    ReplyDelete
  4. umm,adegan V nusuk ayahnya bukan nya di Mv I need U original ver (?) atau mungkin saya salah��

    ReplyDelete
  5. Kok ga dilanjut sih kak? Aku nunggu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih banyak kerjaan, T_T

      Masih kudu nerjemahin naskah-naskah anu dulu...

      Delete
  6. Wah, aku baru nemu blog ini karena kebetulan dan tanpa sengaja lagi cari buku demian : the story of emil sinclairs youth. Srsly, aku gapernah baca analogi yang se detail ini dan terlihat masuk akal. I want read other theory of BTS short film, can u write those thing again? Pleaseuu

    ReplyDelete
  7. Kakak lanjutin dong sampe selese :' tanggung jawab loh diriku sudah baca dari awal teori kakak. Kalo ganti orang entar pecah lagi :'

    ReplyDelete